Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran dan Tol Serpong Cinere

0 2

PojokProperti.Com, (TANGERANG SELATAN) — Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran sepanjang 14,19 km dan Tol Serpong – Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6,5 km pada Kamis (1/4/2021).

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, kedua ruas tol tersebut merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Ancol Timur – Pluit Elevated dan Tol Cisumdawu Seksi 6B Dimulai

“Jalan tol ini dinantikan masyarakat terutama di Tangerang dan Tangerang Selatan, sebagai alternatif masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno – Hatta,” kata Presiden Jokowi.

Dengan beroperasinya dua ruas jalan tol ini, juga akan mengurai kemacetan lalu lintas di Metropolitan Jakarta bagian Barat-Selatan. Sekaligus sebagai prasarana pendukung komuter, serta memperlancar pendistribusian barang yang dilintasi oleh tol ini untuk menghemat waktu tempuh.

“Diharapkan jalan tol ini dapat meningkatkan daya saing daerah, membangkitkan perekenomian kawasan sekitar, dan mempercepat pertumbuhan kawasan ekonomi,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Tol Layang AP Pettarani Resmi Beroperasi

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang mendampingi Presiden Jokowi mengatakan, selain untuk memperlancar mobilitas warga, kehadiran JORR 2 juga mendukung angkutan logistik karena terhindar dari kemacetan tol di dalam kota.

“Dengan adanya JORR 1 dan JORR 2 akan ada alternatif untuk memecah lalulintas dan untuk arus barang juga yang dari Pelabuhan Merak ke Cikampek atau sebaliknya tanpa perlu masuk Kota Jakarta, bisa masuk ke jalan-jalan lingkar ini,” kata Menteri Basuki.

Adapun Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, target penyelesaian seluruh ruas Jalan Tol JORR 2 paling lambat akan rampung pada awal tahun 2022.

“Selanjutnya di tahun 2021 ini kita sudah merencanakan lelang pekerjaan untuk JORR 3, akan ada lima ring yang akan melayani wilayah ini,” ujar Danang.

Baca Juga: Menteri Basuki Soroti Tiga Hal Terkait Jasa Konstruksi

Jaringan Tol JORR 2 sepanjang 109,57 km melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok terdiri atas 6 ruas. Sebanyak 3 ruas telah rampung yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km), Kunciran-Serpong (11,19 km), dan Serpong-Cinere (10,1 km).

Untuk Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan biaya konstruksi sebesar Rp1,96 triliun. Ruas ini menjadi terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H. Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H. Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Sedangkan untuk Ruas Tol Serpong – Cinere sepanjang 10,1 km yang terdiri atas 2 seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 km yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang -Cinere sepanjang 3,6 km dengan progres pengerjaan 86 persen. Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya dengan biaya konstruksi Rp2,1 triliun.

Baca Juga: Infrastruktur Terpadu Terus Dibangun Untuk DPSP Borobudur

“Ditargetkan untuk seksi 2 Pamulang-Cinere akan rampung pada Juli 2021,” ungkap Danang.

Sumber Berita

Leave A Reply

Your email address will not be published.